Senin, 22 Agustus 2016

Prosa Lama


Prosa Lamamerupakan karya sastra yang belum mendapat pengaruh Budaya Barat. Prosa Lamadisampaikan secara lisan, dari orang ke orang. Fungsinya sebagai sara hiburan dan media pendidikan. Prosa ini di sampaikan sebagai pengantar tidur dan pelengkap upacara-upacara adat serta acara-acara seremonial.
            Setelah agama dan kebudayaan Islam masuk ke Indonesia, masyarakat menjadi akrab dengan tulisan. Bentuk tulisan prosa pun mulai banyak dikenal, yaitu

a.      Hikayat 
Hikayat berasal dari India sekaligus Arab. Prosa ini berisi cerita kehidupan para dewi,peri,pangeran,putri kerajaaan serta raja. Di dalamnya, banyak dikisahkan kekuatan gaib, kesaktian dan kekuatan luar biasa yang dimiliki tokoh.Kisah ini tentu tidak masuk akal.Hikayat juga bisa mengambil tokoh-tokoh dalam sejarah.


b.      Sejarah
Sejarah (tambo) adalah Prosa Lamayang ceritanya bersumber dari peristiwa sejarah. Beberapa bagian ceritanya bisa dibuktikan dalam kehidupan nyata.Selain peristiwa sejarah, tambo sering mengungkapkan silsilah raja-raja.Contoh cerita sejarah adalah Sejarah Melayu karya Datuk Bendahara Paduka Raja alias Tun Sri Lanang, tahun 1612.

c.       Kisah
Kisah adalah prosa tentang cerita perjalanan atau pelayaran seseorang ke suatu tempat yang jauh.Contohnya adalah Kisah Perjalanan Abdullah ke Negeri Kelantan dan Kisah Abdullah ke Jedah.
               
d.      Dongeng
Dongeng adalah prosa yang berdasarkan khayalan dan tidak mungkin terjadi dalam khayalan dan tidak mungkin terjadi dalam kenyataan.Dalam dongeng, biasanya terdapat tokoh yang dapat menghilang, berubah wujud, dan hal-hal yang tidak rasional lainnya.Isi dongeng sangat beragam, yakni ada yang berupa fable, mite, legenda, saga, parabel, cerita jenaka, dan cerita berbingkai.

1)      Fabel adalah prosa yang bertokohkan binatang. Didalamnya, sering di gambarkan pengajaran moral. Contohnya Kancil dengan Buaya, Kelinci dan Jerapah, Kelinci dan Kura-Kura.
 
2)      Mite (mitos) adalah prosa yang berhubungan dengan kepercayaan terhadap sesuatu benda atau hal yang dipercayai mempunyai kekuatan gaib. Contohnya Kisah Nyai Roro Kidul, Ki Ageng Selo, dongeng tentang gerhana, dongeng tentang terjadinya padi, dan harimau jadi-jadian.
 
3)      Legenda adalah prosa yang mengisahkan riwayat terjadinya suatu tempat atau wilayah. Contohnya Legenda Banyuwangi, Legenda Ikan Patin dan Tangkuban Perahu.

4)      Saga adalah prosa yang berhubungan dengan sejarah dan menceritakan keberanian, kepahlawanan, serta kesaktian dan keajaiban seseorang. Contohnya Calon Arang dan Ciung Wanara.

5)      Parabel adalah prosa yang menggambarkan sikap moralatau keagamaan dengan menggunakan pengibaratan atau perbandingan. Contohnya Kisah Para Nabi dan Hikayat Bayan Budiman
 

6)      Cerita Jenaka adalah prosa tentang tingkah laku orang bodoh, malas, atau cerdik yang dikisahkan dengan humor. Contohnya Pak Pandir, Lebai Malang, Pak Belalang, dan Abu Nawas.


7)      Cerita Berbingkai adalah prosa yang di dalamnya terdapat cerita lain yang dituturkan tokohnya. Contoh cerita berbingkai yang popular adalah Kisah Seribu Satu Malam.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PUISI CORONA

CORONA Karya Asep Perdiansyah Corona datang menyerang Dunia menjadi tak tenang Tempat keramaian seketika menghilang Matahari b...