Minggu, 21 Agustus 2016

Pengertian Bahasa Internasional


Bahasa Internasional (International Language, Interlanguage) adalah bahasa yang digunakan secara tersebar sebagai bahasa asing atau bahasa kedua atau bahasa dalam komunikasi internasional.
Bahasa Internasional meliputi:
1.    Bahasa Inggris
Inggris memiliki bekas wilayah jajahan yang sangat luas, sehingga berdampak pada meluasnya penyebaran bahasa Inggris. Selain itu, negara-negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama memiliki jumlah penduduk yang besar dengan sumber daya manusia yang berkualitas. SDM yang berkualitas mampu menciptakan teknologi seni ipteks bagi negara lain yang tidak berbahasa Inggris. Dengan begitu negara lain harus mempelajari bahasa Inggris untuk dapat memahaminya.
 
2.    Bahasa Arab
Bahasa Arab merupakan bahasa agama terbesar di dunia. Semua umat Islam mengenal bahasa Arab karena pelaksanaan ibadah dilakukan dalam bahasa tersebut. Selain itu, pengaruh alam dan SDA dalam penggunaan bidang ekonomi yang berkaitan dengan kekayaan minyak bumi. Dengan begitu PBB menetapkan bahasa Arab sebagai salah satu bahasa resmi PBB.

3.    Bahasa Mandarin
Bahasa Mandarin merupakan bahasa yang digunakan dalam bidang perdagangan. Seperti yang kita, ketahui Tiongkok memiliki jumlah penduduk terbesar dan tercepat akan tersebarnya ke seluruh dunia.

4.    Bahasa Spanyol
Spanyol mempunyai bekas wilayah jajahan yang luas. Diantara negara yang pernah dijajah Spanyol, ternyata masih ada yang menggunakan bahasa tersebut.

5.    Bahasa Rusia
Rusia merupakan penghasil teknologi terbesar di dunia. Selain itu, Rusia mempunyai hak veto di PBB sehingga bahasa Rusia menjadi bahasa resmi PBB.

6.    Bahasa Prancis
Bahasa Prancis merupakan bahasa asing kedua yang telah banyak dipelajari setelah bahasa Inggris. Selain itu, Prancis juga memiliki jaringan budaya di luar negeri. Kemudian bahasa Prancis menjadi bahasa kerja dan bahasa resmi di forum-forum internasional.



2 komentar:

PUISI CORONA

CORONA Karya Asep Perdiansyah Corona datang menyerang Dunia menjadi tak tenang Tempat keramaian seketika menghilang Matahari b...