Senin, 22 Agustus 2016

Prosa Baru


Prosa Baru adalah teks prosa yang berkembang setelah mendapat pengaruh sastra atau Budaya Barat.Prosa ini cenderung lebih dinais dan beraga, baik itu dala hal tema, latar, penokohan, alur, dan unsur-unsur lainnya.Pada umumnya, Prosa Baru dikenal pengarangnya, tidak anonym lagi.Bentuk-bentuk Prosa Baru.

a.      Roman
Roman adalah Prosa Baru yang mengisahkan kehidupan tokoh utamanya dengan segala suka dukanya.Tokoh utamnya sering diceritakan mulai dari masa kanak-kanak sampai dewasa atau bahkan sampai meninggal dunia.Roman mengungkap adat atau aspek kehidupan suatu masyarakat secara mendetail dan menyeluruh.Roman terbentuk dari pengembangan atas seluruh segi kehidupan pelaku dalam cerita tersebut.

1)      Roman Bertendensi, yaitu roman yang bertujuan menanamkan maksud-maksud tertentu, mengandung pandangan hidup yang dapat di petik oleh pembaca untuk kebaikan. Contoh Layar Terkembang karangan Sultan Takdir Aliansyahbana dan Darah Muda Karangan Adinegoro

2)      Roman Sosial, adalah roman yang meberikan gambaran keadaan suatu kelompok masyarakat. Hal yang di lukiskan umumnya mengenai keburuan-keburukan masyarakat yang bersangkutan. Contohnya Sengsara Membawa Nikmat karangan Tulis St. Sati, Nerka Dunia Karangan Adinegoro.
                               
3)      Roman Sejarah, adalah roman berdasarkan fakta historis, peristiwa-peristiwa sejarah, atau kehidupan seorang tokoh dala sejarah. Contohnya Hulubalang Raja karangan Nur St. Iskandar dan Tambera karangan Utuy Tatang Sontani.

4)      Roman Psikologis adalah roman yang menekankan gambaran kejiwaan yang mendasari segala tindak dan perilaku tokoh utamanya. Contohnya Atheis karangan Achdiat Kartamiharja dan Katak Hendak Menjadi Lembu karangan Nur St. Iskandar.


5)      Roman Detektif merupakan roman yang berkaitan dengan kriminalitas. Karakter yang sering menjadi tokoh utamanya adalah seorang agen polisi yang tugasnya membongkar berbagai kasus kejahatan. Contohnya Mencari Pencuri Anak Perawan karangan Suman HS dan Kasih Tak Terlerai karangan Suman HS.


b.      Novel
Novel berasal dari bahasa Italia, yaitu novella yang berarti “berita”. Novel merupakan Prosa Baru. Novel menceritakan sebagian kehidupan tokoh utamanya yang terpenting, paling menarik, dan yang mengandung konflik sehingga menimbulkan perubahan nasib pada tokoh utamanya. Misalnya, dari kehidupan susah menjadi senang, dari lanjang kemudian berumah tangga atau sebaliknya. Contohnya Hujan karangan Tereliye, Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin karangan Tereliye, Matahari karangan Tereliye, Rindu karangan Tereliye, Pulang karangan Tereliye dan Moga Bunda di Sayang Allah karangan Tereliye.


c.       Cerpen
Cerpen adalah prosa yang menceritakan sebagian kecil dari kehidupan tokoh utamanya yang terpenting dan paling menarik. Di dalam cerpen boleh ada konflik atau pertikain, akan tetapi hal itu tidak menyebabkan perubahan nasib pelakunya. Contohnya Radio Masyarakat karangan Rosihan Anwar dan Bola Lampu karangan Asrul Sani.


d.      Riwayat
Riwayat adalah prosa yang berisi pengalaman-pengalaman hidup seseorang (biografi) ataupun pengarang itu sendiri (otobiografi), sejak kecil hingga dewasa atau bahkan sampai meninggal dunia. Contohnya Biografi B.J. Habibie.
 

e.      Kritik
Kritik adalah prosa yang membahas baik buruk suatu hasil karya dengan memberi alasan-alasan tertentu secara mendalam.Kritik tersaji secara objektif berdasarkan kriteria ataupun sudut pandang (keilmuan) tertentu.Contohnya Jurnal Kritik karangan beberapa sastrawan ternama seperti Jamal D. Rahman dan Abdul Hadi W. M.
 

f.        Resensi
Resensi adalah prosa yang mengulas suatu karya (buku,film dan drama). Isinya bersifat informative berkaitan dengan keunggulan dan kelemahan suatu karya sehingga pembaca terdorong untuk turut menikmati karya tersebut.


g.      Esai
Esai adalah prosa yang membahas suatu asalah tertentu secara sepintas berdasarkan pandangan pribadi penulisnya.Isinya bisa berupa hikmah kehidupan, tanggapan, renungan, ataupun komentar tentang budaya, seni, fenomena social, politik, pementasan drama, film dan lainnya enurut pendapat pribadi penulisnya.Esai cenderung bersifat subjektif.Hal itu ditandai dengan penggunaan kata “saya” atau”aku” untuk penyebutan penulisanya itu sendiri.

h.      Artikel
Artikel adalah prosa yang di muat di edia massa. Pada umunya berupa pembahasan tentang peristiwa-peristiwa actual yang terjadi di masyarakat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PUISI CORONA

CORONA Karya Asep Perdiansyah Corona datang menyerang Dunia menjadi tak tenang Tempat keramaian seketika menghilang Matahari b...