Senin, 22 Agustus 2016

Fungsi Bahasa


1.      Bahasa Sebagai Alat Berfikir

Perbedaan antara manusia dengan bangsa primata lainnya adalah faktor keberadaan bahasa. Semua bangsa primata, seperti kera, memiliki otak seperti manusia. Akan tetapi kemampuan otak mereka tidak digunakan untuk berfikir dan melahirkan ilmu pengetahuan karena ketiadaan bahasa mereka. Misalnya, seseorang tidak tahu cara bertani apabila ia tidak memilki pembendaharaan .Dengan demikian,tingkt kecerdasan seserang tidak hanya di tentukan oleh kotdrat yang berupa tingginya IQ.akn tetapi,hal ini di pengaruhi pula oleh penguasaanya di dalam bahasa.                                                             

2.      Bahasa sebagai sarana ekspresi diri

            Setiap manusia mempunyai perasaan,keinginan,harapan,dan sejenisnya. semua dapat di ungkapkan melalui bahasa.dengan bahasa pula kita bisa menyatakan karakter dan jatidiri kita.rasa optimis,senang,curiga,keluhan,kemarahan,dan sebaganya.penyair contohnya,orang yang pandai mengekpresikan dirinya melalui kata-kata.sementara itu,seorang pemarah biasanya kurang dapat mengekpresikan perasaanya melalui kata-kata sehingga yang muncul kemudian adalah tindakan fisik.penguasaan bahasa itu penting,salah satunya dalam rangka meningkatkan kemampuan kita di dala mengungkapkan perasaan kita sehingga lebih mudah dan jelas di terima orang lain.caranya adalah dengan memperhatikan dan mempelajari orang lain dalam berbahasa,banyak membaca,dan banyak pula melakukan pengamatan atas berbagai fenomena yang terjadi di sekeliling kita dengan begitu,kekayaan kosakata akan semakin bertambah.berdasarkan bahasa seseorang pun,kita dapat mengalami karakteristik seseorang.apakah orang itu penyabar,penyayang,penurut,berwatak kasar,arogan, dan seterusnya.oleh karena itu,untuk memahami karakter orang lain,perhatikan kata-katanya. Bukan hanya isinya,melainkan pula cara dia menggunakanya.

3.       Bahasa sebagai sarana komunikasi

Manusia merupakan makhluk sosial yang harus mampu berinteraksi untuk memenuhi kebutuhan hidup.oleh karena itu,kepiawaian kita di dalam mengelola kata-kata sangat berpengaruh pada sukses tidaknya kata di dalam berkmunikasi dan dalam pengguna secara luas.peristiwa-peristiwa sosial dan politik yang terjadi i kehidupan kita banyak pengaruhi oleh faktor kebahasaan.mislnya,tawuran antarseporter sepak bola,bahkan peperangan antara negara.demikian pula peperanga yang sering kai bermula dari ketidakmamppuan berdeplomasi diantara para petingginya sehingga memicu konflik yang lebih besar.
              Penggunaan bahasa dalam berkomunikasi terbagi ke dalam dua bagian berikut
a.       pengguna bahasa lisan yang meliputi kegiatan berbicara dan menyimak 
b.      pengguna bahasa tertulis yang meliputi kegiatan menulis dengan membaca
untuk lebih jelasnya,perhatikan gamba tersebut.
Kedua untuk bahasa ini memiliki karakteristik masing-masing yaitu sebagai berikut
1)       Berbahasa lisan cenderung bersifat spontan.di samping itu,ragam bahasa lisan banyak menggunakan kosakata percakapan seperti kok,dong,sih,deh.
2)      Berbahasa secara tertulis lebih tertata karena memiliki banyak waktu untuk memilih dan menggunakan kosakata secara tepat.

4.      Bahasa sebagai Sarana Integrasi dan Adaptasi Sosial
                  Bahasa berperan sebagai sarana komunikasi. Konsekuensi logisnya adalah bahasa dapat menjadikan setiap orang merasa menjadi bagian dari kelompok masyarakat. Karena menggunakanbahasa yang sama, mereka merasa bersaudara. Mereka merasa memiliki kedekatan emosi walaupun sebenarnya mereka tidak saling mengenal.maka bahasa memiliki fungsi sebagai sarana persatuan.seseorang merasakan bagian dari masyarakat karena kesamaan bahasa. Kesadaran seperti itu sering sekali mendorong seseorang berusaha untuk beradaptasi dengan kelompok mayarakat lain. Dengan sarana bahasa, seseorang menyesuaikan diri sehingga dapat tampak seolah- olah merupakan bagian dari kelompoknyayang dikehendakinya itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PUISI CORONA

CORONA Karya Asep Perdiansyah Corona datang menyerang Dunia menjadi tak tenang Tempat keramaian seketika menghilang Matahari b...