Senin, 22 Agustus 2016

Menyunting dengan Memperhatikan Kaidah Bahasa Indonesia Baku


Menurut KBBi ,menyunting adalah menyiapkan naskah siap atau siapterbit dengan memperhatikan segi sistematika, penyajian, isi, dan bahasa (Menyangkut ejaan, diksi, dan struktur kalimat). Menyunting diistilahkan pula dengan mengedit. Tulisan berkaitan dengan 3 aspek, yakni  : (1) Sistematika penyajian, (2) Isi tulisan, dan (3) Bahasa nya. Adapun berkenaan  dengan bahasanya, aspek-aspek yang harus kita sunting meliputi (a) Ejaan, (b) diksi, dan (c) Struktur kalimatnya.
  1. kata, terkait masalah kata baku, kata dasar, kata urutan, kata turunan, serta jenis-jenisnya. Pemahaman tentang masalah-masalah tersebut sangat penting ketika kita harus menentukan kata yang benar dan tidak benar dalam penggunaannya.
  2. Kalimat, terkait dengan masalah unsur-unsur kalimat beserta jenis-jenisnya. Dengan memahami masalah-masalah tersebut, kita bisa memperbaiki kalimat-kalimat yang strukturnya salah, ambigu, ataupun yang tidak relatif.

  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PUISI CORONA

CORONA Karya Asep Perdiansyah Corona datang menyerang Dunia menjadi tak tenang Tempat keramaian seketika menghilang Matahari b...