Senin, 22 Agustus 2016

Bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu bangsa


Indonesia adalah bangsa yang besar beraneka ragam suku bangsa mulai dari sabang sampai merauke. 748 bahasa dari bermacam-macam daerah juga ada dinegara ini, setiap orang yang berasal dari setiap suku memiliki karakternya masing-masing mulai dari adat,kebiasaan dan bahasa.dalam bersosialisasi dibutuhkan peran bahsa untuk member pengertian terhadap apa yang kita ucapkan.karena bangsa kita memiliki ratusan bahasa harus ada bahasa Negara yang berperan sebagai alat pemersatu sebagai sarana percakapan yang digunakan oleh orang dari berbagai macam suku bangsa untuk berkomunikasi.
                   a.sejarah singkat
                             bahasa Indonesia berasal dari bahasa melayu riau-johor kalau  sekarang sudah menjadi kepulauan riau. Dalam perkembanganya mengalami perubahan akibat pengunaannya sebagai bahasa kerja di lingkungan administrasi kolonial dan berbagai proses pembakuan sejak awal abad ke-20.penamaan “bahasa Indonesia” diawali sejak dicanangkannya sumpah pemuda, 28 oktober 1928, untuk menghindari kesal”imperalisme bahasa” apabila nama bahasa melayu tetapdigunakan. Proses ini menyebabkan berbedanya bahasa Indonesia saat ini dari vrian bahasa melayu yang digunakan di riau maupun semenanjung Malaya. Bahasa Indonesia dalam perjalannya banyak menyerap dari bahasa asing, maupun daerah. Peran penjajah sangat mempengaruhi penggunaan bahasa yang bercampur bahkan juga ada yang sama dengan bahasa aslinya, maupun daerah.peran penjajah sangat mempengaruhi penggunaan bahasa yang sama dengan bahasa asli nya dinegara asal.

1 komentar:

PUISI CORONA

CORONA Karya Asep Perdiansyah Corona datang menyerang Dunia menjadi tak tenang Tempat keramaian seketika menghilang Matahari b...