Minggu, 21 Agustus 2016

Fakta-fakta Seputar Pesatnya Perkembangan Bahasa Indonesia di Luar Negeri


Data terakhir menunjukkan bahwa 52 negara telah membuka program bahasa Indonesia, seperti: Amerika Serikat, Inggris, Spanyol, Belanda, Australia dan Vietnam.
Perkembangan bahasa Indonesia di Australia seperti adanya mata pelajaran bahasa Indonesia yang telah dibuat pemerintah sebagai salah satu kurikulum di sekolah mereka sebanyak ± lima ratus kota. Hal ini telah dilaksanakan sejak tahun 2007 hingga sekarang. Selain itu, bahasa Indonesia dijadikan bahasa populer keempat di Australia.
Di negara Vietnam pemerintahnya meresmikan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar kedua sejak Desembber 2007. Hal ini dikarenakan adanya hubungan bilateral yang terjalin diantara kedua negara yang dapat menguntungkan di tiap masing-masing negara.
Di Amerika Serikat, bahasa Indonesia mulai menjadi kurikulum di sekolah mereka. Hal tersebut dapat terjadi karena adanya hubungan yang baik dalam bidang ekonomi dan pendidikan.
Di Mesir tercatat sebagai negara yang paling utama mengembangkan bahasa Indonesia di kawasan Afrika. Pendirian Pusat Studi Indonesia bertujuan untuk mengetahui lebih dalam mengenai bahasa Indonesia dari semua aspek, seperti: ideologi, politik, sosial dan budaya, ekonomi serta pertahanan dan keamanan.
Di Benua Eropa khususnya Italia telah banyak meluncurkan situs resmi mereka, seperti jumah klub sepak bola dalam bahasa Indonesia. Selain itu, didirikannya Universitas Sovia dan Bulgaria.
Di negara Jepang telah lama didirikan Pusat Studi Indonesia sejak tahun 1969. Salah satunya didirikan Nihon-Indonesia Gakkai (Perhimpunan Indonesia Jepang). Selain itu, banyak didirikannya universitas, seperti Universitas Kajian Asing Tokyo, Univ. TENRI, Univ. Kajian Asing Osaka dan yang lainnya.
Kepopularan bahasa Indonesia pada skala internasional dapat dilihat dari situs web terkemuka seperti Facebook dan WordPress. Di dalam situs Facebook bahasa Indonesia menjadi peringkat kelima sedangkan dalam situs WordpPress bahasa Indonesia menjadi peringkat ketiga. Selain itu, terlihat di media massa berupa siaran radio asing, seperti BBC, Radio Australia, Suara Amerika dan Radio Belanda.
Faktor lain yaitu ± 550 juta lebih penduduk ASEAN sekitar 300 juta menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Melayu. Bahasa Melayu merupakan cikal bakal bahasa Indonesia modern.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PUISI CORONA

CORONA Karya Asep Perdiansyah Corona datang menyerang Dunia menjadi tak tenang Tempat keramaian seketika menghilang Matahari b...