Senin, 23 November 2015

Cerpen Kelas X Lintas Minat Bahasa Indonesia Sekolah Sugar Group


                                     YOGYAKARTA
Keluarga Pak Iman kedatangan seorang tamu. Tamu itu bernama kak Yuda. Kak Yuda ialah kakak sepupu Abi dan Ina. Ia tinggal di Yogyakarta. Di kota itu kak Yuda bekerja sebagai pemandu wisata. Abi dan Ina sangat senang bila kak Yuda berkunjung ke rumahnya. Selain ramah, kak Yuda sering bercerita kepada mereka tentang objek-objek yang pernah dikunjunginya bersama para turis asing.                                                  
Pada suatu sore Abi, Ina,Abi dan kak Yuda duduk-duduk di teras. Mereka bercakap-cakap sambil menikmati teh hangat dan pisang goreng buatan ibu. Menurut kak Yuda,jogjakarta adalah kota yang sangat nyaman.  Kota Jogja mendapat berbagai julukan seperti : Kota Gudeg, Kota Pelajar, dan Kota pariwisata. Disebut kota Gudeg karena gudeg adalah makanan khas Jogjakarta. Selanjutnya, disebut juga kota pelajar karena di Jogjakarta terdapat banyak perguruan tinggi. Para mahasiswa di Jogjakarta dtang dari berbagai penjuru nusantara. Di sebut kota pariwisata karena di Jogjakarta terdapat banyak objek wisata yang sangat menarik.
Salah satu kawasan wisata yang menarik itu adalah Malioboro. Jalan malioboro menjadi jalan utama di kota Jogjakarta. Di sana kita bisa menjumpai para pedagang kaki lima yang sedang menjajakan macam mcam cinderamata dan barang – barang kerajinan khas Jogjakarta. Barang- barang seni umumnya dijual dengan harga yang terjangkau. Dan di Malioboro juga akan di temui beberapa Souvenir berupa kerajinan anyam rotan, kulit, batik, perak, bambu dan lainnya,dalam bentuk pakaian batik, tas kulit, sepatu kulit, hiasan rotan, wayang kulit, gantungan kunci bambu, blangkon batik, kaos dengan berbagai model, dan masih banyak yang lainnya.

Tidak jauh dari kawasan jalan Malioboro kita dapat mengunjungi tempat wisata lain yang tidak kalah mebarik. Yaitu Keraton Jogjakarta, Keraton adalah tempat tinggal raja dan kerabatnya. Di tempat ini kita bisa menyaksikan sebuah bangunan kuno yang megah dan indah dari jalan Malioboro kita bisa berjalan kaki namun kita tidak mau berlelah lelah kita bisa menggunakan jasa penarik becak atau delman.               

“o,iya. ina juga pernah mendengar cerita tentang pantai Parangtritis dari ayah. kata ayah pantai Parangtritis adalah pantai yang sangat indah selain kita bisa menikmati segarnya udara pantai disana kita juga berjalan-jalan di sepanjang kota dengan naik kuda atau bendi yang banyak di sewakan kepada pengunjung.”
Kak Yuda membenarkan apa yang dikatakan oleh ina kemudian kak Yuda menyebut beberapa tempat wisata lain seperti : hutan wisata Kaliurang, Monumen Jogja kembali, Kebun Binatang Gembira loka, dan taman wisata Candi Perambanan. Setiap tempat wisata itu mempunyai ke khasan dan daya tari. dari tahun-ketahun wisatawan yang datang ke jogjakarta semakin banyak para wisatanya itu merasa senang berada di Jogjakarta. Karena umumnya penduduk Jogjakarta ramah, mereka selalu bertutur kata dengan bahasa yang halus dan sopan selain itu di Jogjakarta terdapat banyak makanan khas yang bisa dibawa pulang oleh wisatawan sebagai oleh-oleh seperti :  geplak bantul,bakpia batuk, ayam goreng kalasan, dan gudeg jogja.
“nah, Abi dan ina, kakak akhiri cerita tentang Jogjakarta sekarang waktu nya kalian belajar. Kakak berjanji jika nanti raport abi dan nilai ujian akhir sekolah ina bagus kakak akan ajak kalian mengunjungi objek-objek wisata yang ada di Jogjakarta yang tadi kakak ceritakan.” kata kak yuda menutup ceritanya. Abi dan ina merasa senang mendengar janji kak yuda dalam hati mereka betekad akan belajar lebih giat supaya nilai mereka bagus dengan demikian mereka dapat mewujudkan mereka bisa menyaksikan indahnya objek-objek wisata di kota Jogjakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PUISI CORONA

CORONA Karya Asep Perdiansyah Corona datang menyerang Dunia menjadi tak tenang Tempat keramaian seketika menghilang Matahari b...