Senin, 23 November 2015

Cerpen Kelas X Lintas Minat Bahasa Indonesia Sekolah Sugar Group


DARI HAL KECIL AKAN SELALU DIINGAT TERUS
Hiduplah seseorang suami-istri bersama anak anaknya . mereka hidup berbahagia . karna keadaan ekonomi seorang suami pergi untuk mencari pekerjaan , seharian pergi ternyata belum ada satu pun yang mau menerima lamaran saya tersebut. Tak kenal lelah seorang suami terus menerus mencari perkejaan . supaya nanti jika seorang suami pulang kerumah agar bisa mendengarkan kabar gembira, tapi nyatanya hampir jam 21.00 ternyata belum ada juga yang nerima lamaran . dengan terpaksa badan terasa lelah , kaki sudah tak lagi kuat untuk melanjutkan perjalanlan , haus , keringat terus menerus , dengan sedih hati saya mencari tempat tinggal untuk sementara waktu . keesokan harinya saya melanjutkan perjalanan untuk mencari perkerjaan . sudah sekian lama saya menunggu ternyata ada salah satu seseorang yang mengajak saya untuk berkerja menjadi supir . dengan rasa bangga , senang  , saya cepat-cepat meminta alamat rumah tersebut. Lalu sama bapak-bapak dikasihlah alamat tersebut. Akhirnya saya segera pulang ternyata sebelum pulang saya mengamen dahulu supaya nanti saya pulang bisa membawa dua bungkus nasi buat istri dan anak-anak saya . selesai saya mengamen saya membeli dua bungkus dan saya melanjutkan perjalannya untuk pulang kerumah , waktu saya tiba dirumah anak-anak saya langsung merangkul dan mencium lalu dua anak saya tersenyum dengan membawa dua nasi bungkus . dan betapa bahagia nya saya sebagai kepala keluarga bisa memberikan makanan buat istri dan anak-anak saya , walaupun saya tak merasa betapa sedapnya nasi bungkus , demi anak-anakku dan istriku tercinta aku rela semuanya demi kalian supaya kalian bisa bahagia selamanya.
Hari esoknya saya pergi pamit untuk berkerja di Jakararta . rasa begitu sedih untuk meninggalakan istri dan anak-anak , tapi ini semua demi kebutuhan ekonomi keluarga kita . tetesan air mata seorang anak yang baru bertambah umur menjadi 3 tahun sedih karna bapak nya sedang pergi untuk mencari perkerjaan . dengan ibunya lalu menggendong dan membuat ketawa seorang angel ternyata ikatan batin membuat seorang bapak merasa kecewa,sedih, lalu akhirnya saya tak banyak bicara langsung berpamitan kepada istri dan anak-anak saya. Waktu dipejalanan saya melihat seorang suami yang membelikan hadiah special buat anak nya yaitu sebuah kalung berlian dan istrinya diajak berbelanja . betapa sedih nya hati saya tidak bisa membahagiakan istri dan anak-anak saya seperti mereka . pikiran karauan membuat aku merasa berkecil hati . tetapi Tuhan sudah memberikan hadiah yang terbaik buat saya isrti dan anak-anak saya nanti . hanya  waktu dan keaadan yang belum menjawab semuanya . saya percaya bahwa tuhan nanti akan memberikan semua nya . dan saya lalu masuk ke bis jurusan Jakarta , dan saya langsung memilih tempat duduk waktu saya mau duduk ternyata ada seseorang yang ingin menempati kursi saya yaitu seorang nenek-nenek . akhrinya saya dengan senang hati membiarkan seorang nenek untuk duduk di kursi saya . lalu nenek tersebut mengasih saya alamat rumah . tetapi saya tidak memerhatikan alamat yang di beri kertas oleh nenek tersebut . tibanya sampai di Jakarta saya langsung mencari alamat tersebut waktu saya keluar dari stasiun saya bertabrakan dengan seorang gadis cantik, sexy, putih , bersih, wangi , dengan tak sengaja dia memintak maaf lalu pergi . akhirnya saya pergi dan mencari alamat tersebut sudah hampir sehari ternyata belum ketemu juga alamat nya. Waktu saya pergi untuk membeli sebungkus nasi tenyata ada bapak-bapak yang dahulu memberi saya alamat . akhirnya saya dan bapak itu selesai makan saya diajak menggunakan motor milik tuan rumah tersebut. Waktu sesampai dirumah saya melihat sebuah rumah yang begitu besar, luas, mewah, dibandingkan dengan yang ada disekitar rumahnya . waktu masuk rumah juga serba layar sentuh hanya membuka sendiri . rasa nya saya ingin membawa istri dan kedua anak-anak saya kerumah mewah ini. Hmmm Ternyata semuanya sudah diatur letak masing-masing kendaraan . banyak sekali kendaraan dari kendaraan kecil sampai besar dan ada tempat taman , kolom renang , tanaman sayur-mayur dll. Semoga saja saya betah di rumah mewah ini . waktu saya masuk rumah ternyata terbuka sendiri . lalu saya dianterkan ke kamar mandi . selesai saya mandi saya di ajak makan malam padahal saya baru saja selesai makan tetapi menu makan mengoda saya merasa makan dan saya memakan yang banyak banget. Selesai itu saya di bilangkan kalau ada tuan rumah harus pada ngumpul dan berbau wangi karna yang punya tuan rumah sangat alargi dengan bau yang tak sedap . lalu saya mengerti dan sesorang bibi menganterkan kamar tidur saya . ternyata disini banyak sekali ruang-ruang sangat indah dan bagus, serta harum dan suasana yang sangat dingin karna dimana-mana ada AC . waktu sesampai di kamar tidur yang sangat jauh dari tempat orang-orang karna saya berada dilantai 2 paling ujung. Waktu saya masuk kamar tidur saya seperti diistana yang tak kenal kotor , bau , dimana-mana , semuanya serba bersih , harum, dingin, nyaman, tapi dibalik ini semua saya merasa sedih karna isrti dan anak-anak saya belum bisa merasakan ini semuanya. Akhirnya saya memintak petunjuk kepada Tuhan yang Maha Esa. Selesai itu saya tidur , agar besok tidak kesiangan buat jemput saudara yang ada di Bali.
Keesokan harinya saya sudah siap-siap untuk pergi ke Bali , dengan merasa gagah dan senang saya diberikan kunci mobil . mobil nya sangat nyaman dan bagus sekali hanya saja saya sendiri yang ada dimobil ini . sebelum saya masuk saya diberikan sebuah handphone apple dari tuan rumah tersebut. Supaya nanti bisa dihubungin. Saya merasa bersyukur banget kepada Tuhan karna telah di beri kebahagian walaupun tidak bersama istri dan anak-anak saya. Waktu saya membuka kotak kecil ternyata ada sebuah card yang benama GILANG PRATAMA lalu saya keluar dari mobil dan bertanya ‘’apakah ini milik saya’’ . lalu kata bibi nya ‘’iya’’ . akhirnya saya masuk mobil dan melanjutkan perjalanan . sudah hampir dua hari saya tiba di Bali dan saya masuk di Hotel sangat mewah sekali . akhirnya saya bisa bertemu dengan Tuan rumah ternyata Tuan rumah itu yang pernah dia bertabrakan lalu memintak maaf kepadaku . tetapi Tuan rumah merasa tidak ingat sama sekali . waktu saya membawakan belanjaan tak ada satupun yang harga sangat murah semuanya serba diatas 2 jt. Lalu Tuan rumah masuk kedalam mobil dan memintak berhenti ke sebuah reustoran termahal . dan lalu Tuan rumah memesankan beberapa makanan . ternyata Tuhan rumah hanya makan sedik saja lalu itu membayar makanan , dan makan tersebut tidak dihabiskan. hati saya merasa sedih karna makanan yang sudah dibeli tidak dihabiskan malahan dibuang begitu saja . lalu saya pergi, sebelum itu saya meliat total semua makanan ternyata hanya makanan begitu saja habis 1.800.0000 . ternyata enak sekali Tuan rumah menghamburkan duit yang tidak penting . waktu didalam mobil saya sempat bercerita tentang Kehidupan saya tapi apa daya Tuan rumah malah mengkeraskan lagu-lagu dari barat . beberapa jam lalu tiba lah di Jakarta . ternyata didalam rumah tersebut adalah seorang nenek yg waktu itu mengambil duduk saya . lalu nenek itu tersenyum melihat saya . sepertinya dia sudah tau dengan saya . ternyata nenek tersebut telah membaca buku diary saya , tetapi saya tidak merasa apa-apa. setelah itu saya berganti baju dan diajak oleh nenek tersebut ke sebuah mall . saya tak habis pikir ternyata saya telah dibelikan sebuah perhiasan buat isti dan anak-anak saya . saya merasa bahagia sekali lalu saya dibelikan pakaian buat istri dan anak-anak saya . semua kebutuhan saya telah di penuhi . sudah hampir 3 bulan saya berkerja akhirnya saya meminta ijin buat pulang untuk bertemu dengan istri dan anak-anak saya . mungkin saja anak-anak saya sudah tumbuh menjadi anak yang pinter dan rajin. bapak kangen dengan kalian semua nya . bapak akan segera pulang demi kalian semua . waktu saya diijinkan pergi ternyata nenek tersebut menghadiahkan sebuah mobil buat saya . karna saya lah yang menjaga dan merawat nenek dan anak saya jadi ini hadiah buat kamu J . alhamdullilah sekali saya merasa bahagia selanjut itu saya membuka mobil ternyata didalam nya ada seseorang istri dan dua anak . lalu anak itu berkata ‘’apakah bapak masih ingat kita’’ lalu saya tak kuat lagi mendengar kata itu dan saya menangis karna kalianlah yang selalu ku rindukan . akhirnya kita keluar dari mobil dan berpelukan . selanjutnya nenek dan Tuan rumah tersenyum melihat kita . dan keluarga saya diajak masuk Tuan rumah . waktu didalam rumah kita saling bercerita antara senang dan susah .. lalu saya bisa melihat istri dan anak saya tesenyum dan bisa makan-makanan yang dari dulu diinginkan . waktu terus berlalu akhirnya saya dan isti , anak-anak saya ingin mencari tempat tinggal , ternyata saya telah dibelikan sebuah rumah berserta isinya dan hadiah mobil . saya merasa bersyukur sekali karna Tuhan telah memberikan jalan keluar dari masalah perekonomian saya ini ..
Dari pembelajaran itu ‘’ berilah kebaikan sekecil apapun , supaya saat nanti jika kita menerima masalah pasti seseorang ada yang mencari jalan keluarnya, PERCAYALAH’’……
Karya ; NABILLA SYARAFINA BICCELL X sci C

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PUISI CORONA

CORONA Karya Asep Perdiansyah Corona datang menyerang Dunia menjadi tak tenang Tempat keramaian seketika menghilang Matahari b...