Jumat, 22 Februari 2013

Pengaruh Televisi Terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia


Pengaruh Televisi Terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia
Televisi memunyai pengaruh yang positif juga negatif.Diharapkan televisi dapat memberikan pengaruh positif dengan menyajikan acara-acara yang berhubungan dengan pendidikan, hal ini tentu sangat berguna bagi para pelajar. Seorang pelajar bisa mengambil manfaat berupa informasi pendidikan dari acara televisi tersebut. Disamping pengaruh positif televisi juga memunyai pengaruh negatif .Salah satunya adalah terhadap perkembangan Bahasa Indonesia siswa. Tayangan acara televisi sangat mempengaruhi penggunaan Bahasa Indonesia di sekolah. Siswa banyak meniru bahasa yang ada di acara televisi misalnya jika ingin bilang "serius" mereka menggunakan kata "cius".
Menurut KBBI kata serius memunyai arti sungguh-sungguh ia berbicara, tidak bergurau. Kata "demi " mereka rubah menjadi "mie" sangat berbeda makna menurut KBBI arti kata demi adalah untuk (kepentingan) sedangkan arti kata mie adalah bahan makanan dari tepung terigu, bentuknya seperti tali, biasanya dimasak dengan cara digoreng atau direbus, diberi daging, udang, sayuran, bumbu, dsb. Tayangan televisi diharapkan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar sehingga dapat memberikan contoh yang baik terhadap perkembangan bahasa siswa.

Nama    : Asep Perdiansyah, S.Pd
Guru Bahasa Indonesia Sekolah GPM Lampung Tengah


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PUISI CORONA

CORONA Karya Asep Perdiansyah Corona datang menyerang Dunia menjadi tak tenang Tempat keramaian seketika menghilang Matahari b...