Jumat, 22 Februari 2013

CHARACTER EDUCATION Interdependence / Saling tergantung


CHARACTER EDUCATION PLAN

Week      : 20
Date       : 8th Februari 2013
Pillar      : Model Citizenship
Virtue     : Interdependence / Saling tergantung
                                  
Materials needes:                Brief Explanation:




 


Prosedure

1.      Guru meminta semua siswa di kelas untuk berdiri membentuk lingkaran selebar mungkin sehingga siswa satu dengan lain saling berjauhan.
2.      Mereka tidak diperbolehkan bergandengan tangan
3.      Membandingkan kegiatan pada tahap ini dengan kehidupan bersama dalam kelas yaitu siswa menjaga jarak dengan yang lain dan enggan untuk membaur
4.      Membentuk lingkaran dengan bergandengan tangan
5.      Dengan mau bergandeng tangan atau menunjukkan bahasa tubuh yang mencerminkan keramahtamahan
6.      Berarti mereka dapat menerima satu sama lain, tidak mengolok-olok yang lain, dan mereka saling menghormati pendapat orang lain
7.      Semua siswa diminta maju satu langkah
8.      Kegiatan ini melambangkan bahwa mereka tepat waktu datang ke kelas dan menyerahkan tugas
9.      Semua siswa mundur satu langkah setelah itu guru meminta beberapa siswa tertentu untuk maju dua langkah kedepan
10.    Dengan melakukan hal tersebut mereka akan merasakan apa yang terjadi pada mereka jika hanya beberapa siswa saja yang benar-benar mau berusaha sementara yang lainya tidak mau mengambil langkah
11.    Siswa diberi waktu beberapa menit untuk menceritakan apa yang mereka rasakan berdiri di bagian belakang apa yang mereka rasakan  ketika ada tarikan?


CHARACTER EDUCATION PLAN

Week      : 20
Date       : 8th Februari 2013
Pillar      : Model Citizenship
Virtue     : Interdependence / Saling tergantung
                                  
Materials needes:                Brief Explanation:




 


Prosedure

1.      Guru meminta semua siswa di kelas untuk berdiri membentuk lingkaran selebar mungkin sehingga siswa satu dengan lain saling berjauhan.
2.      Mereka tidak diperbolehkan bergandengan tangan
3.      Membandingkan kegiatan pada tahap ini dengan kehidupan bersama dalam kelas yaitu siswa menjaga jarak dengan yang lain dan enggan untuk membaur
4.      Membentuk lingkaran dengan bergandengan tangan
5.      Dengan mau bergandeng tangan atau menunjukkan bahasa tubuh yang mencerminkan keramahtamahan
6.      Berarti mereka dapat menerima satu sama lain, tidak mengolok-olok yang lain, dan mereka saling menghormati pendapat orang lain
7.      Semua siswa diminta maju satu langkah
8.      Kegiatan ini melambangkan bahwa mereka tepat waktu datang ke kelas dan menyerahkan tugas
9.      Semua siswa mundur satu langkah setelah itu guru meminta beberapa siswa tertentu untuk maju dua langkah kedepan
10.    Dengan melakukan hal tersebut mereka akan merasakan apa yang terjadi pada mereka jika hanya beberapa siswa saja yang benar-benar mau berusaha sementara yang lainya tidak mau mengambil langkah
11.    Siswa diberi waktu beberapa menit untuk menceritakan apa yang mereka rasakan berdiri di bagian belakang apa yang mereka rasakan  ketika ada tarikan?



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PUISI CORONA

CORONA Karya Asep Perdiansyah Corona datang menyerang Dunia menjadi tak tenang Tempat keramaian seketika menghilang Matahari b...