Jumat, 22 Februari 2013

Pengaruh Televisi Terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia

Tayangan acara televisi sangat mempengaruhi penggunaan Bahasa Indonesia di sekolah. Siswa banyak meniru bahasa yang ada di acara televisi misalnya jika ingin bilang "serius" mereka menggunakan kata "cius".
Menurut KBBI kata serius memunyai arti sungguh-sungguh ia berbicara, tidak bergurau. Kata "demi " mereka rubah menjadi "mie" sangat berbeda makna menurut KBBI arti kata demi adalah untuk (kepentingan) sedangkan arti kata mie adalah bahan makanan dari tepung terigu, bentuknya seperti tali, biasanya dimasak dengan cara digoreng atau direbus, diberi daging, udang, sayuran, bumbu, dsb. Tayangan televisi diharapkan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar sehingga dapat memberikan contoh yang baik terhadap perkembangan bahasa siswa. Televisi sangat memunyai pengaruh sangat besar terhadap perkembangan karakter seseorang.
1. Pengaruh positif
Televisi tentunya memunyai pengaruh yang positif dalam perkembangannya diantaranya:
 a. Dalam hal penyajian berita, televisi umumnya selalu up to date, mampu menyajikan berita terbaru langsung dari lokasi kejadian. Hal ini tentu akan membuat Anda tidak ketinggalan informasi dan memberikan wawasan yang cukup luas pada Anda secara cepat.
  b. Bila televisi menyajikan acara-acara yang berhubungan dengan pendidikan, hal ini tentu sangat berguna bagi para pelajar. Seorang pelajar bisa mengambil manfaat berupa informasi pendidikan dari acara televisi tersebut.
  c. Salah satu pengaruh positif televisi adalah Anda bisa menyegarkan otak dengan menonton beragam tayangan hiburan yang disajikan oleh stasiun televisi. Mulai dari acara kuis, film, sinetron, atau hiburan-hiburan yang lain.
  d. Televisi banyak menampilkan tokoh-tokoh yang memiliki pengaruh, baik dalam dunia pendidikan, dunia usaha, hiburan, atau yang lainnya. Figur-figur yang ditampilkan dalam televisi ini bisa memicu Anda untuk mencontoh kesuksesan mereka.

2. Pengaruh Negatif Televisi

Selain memiliki pengaruh positif, televisi tentunya memunyai pengaruh yang negatif dalam perkembangannya di dunia, diantaranya :

  a. Pengaruh negatif televisi yang paling utama adalah membuat Anda lupa waktu. Bila sudah menonton televisi, Anda mungkin akan merasa malas untuk melakukan suatu pekerjaan. Bagi pelajar, pengaruh negatif televisi yang satu ini tentu sangat merugikan, karena mereka bisa saja akan lupa untuk belajar.
  b. Banyaknya acara-acara yang tidak mendidik di televisi bisa mempengaruhi kejiwaan seorang anak. Film kekerasan atau berita kriminal adalah beberapa acara yang tidak patut ditonton oleh anak kecil maupun remaja. Mereka bisa saja meniru adegan kekerasan atau tindak kriminal yang mereka tonton di televisi.
  c. Televisi mampu meningkatkan daya konsumtif masyarakat. Di televisi, banyak sekali iklan-iklan yang menyajikan berbagai barang. Baik orang dewasa maupun anak kecil, siapapun bisa menjadi korban iklan televisi.
  d. Menonton televisi terus-menerus tidak hanya akan melalaikan Anda dari pekerjaan, tapi juga merusak kesehatan. Mata Anda perlu istirahat dan tidak menonton televisi dalam waktu lama.
  e. Orang yang menonton televisi secara terus-menerus umumnya akan menjadi pemalas karena badannya tidak banyak bergerak. Biasanya hanya duduk diam atau tidur-tiduran di depan televisi. Kalau selalu dalam posisi seperti itu setiap hari dalam waktu lama, tubuh tidak akan terbiasa bekerja berat, akibatnya adalah tubuh menjadi lemah dan lemas.

3. Penanggulangan Pengaruh Negatif Televisi

Untuk menanggulangi atau meminimalisir pengaruh negatif televisi, hendaknya kita melakukan hal-hal sebagai berikut :

  a. Sebagai orang tua, hendaknya kita mengingatkan kepada anak kita agar melakukan tugas utamanya yaitu belajar. Jangan sampai karena menonton televisi anak menjadi lupa akan waktu belajarnya.
  b. Sebagai orang tua, hendaknya kita ikut membimbing anak dalam menonton tayangan televisi agar prilaku anak nantinya tidak konsumtif gara-gara menyaksikan beragam iklan yang menarik.
  c. Sebagai orang tua, hendaknya kita memilih program televisi kepada anak yang mendidik, bukan yang menjerumuskan. Hal yang perlu di ingat kembali adalah berikan pengawasan terhadap anak.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PUISI CORONA

CORONA Karya Asep Perdiansyah Corona datang menyerang Dunia menjadi tak tenang Tempat keramaian seketika menghilang Matahari b...