Jumat, 22 Februari 2013

PEMBALAJARAN PAIKEM


Nama    : Asep Perdiansyah, S.Pd.
Teacher  Bahasa Indonesia SMP Gula Putih Mataram

                                                            “Pembelajaran yang Menyenangkan”
Hakikat mengajar bukanlah bagaimana memberikan materi sebanyak-banyaknya  kepada siswa, akan tetapi dapat menciptakan suasana lingkungan yang nyaman agar siswa tertarik untuk belajar. Untuk menciptakan suasana lingkungan yang nyaman guru dapat menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi. Sebelum memulai pembelajaran agar tercipta suasana lingkungan yang nyaman guru perlu merangsang zona alfa siswa dalam proses pembelajaran. Zona alfa adalah dimana kondisi otak siswa dalam kondisi yang nyaman untuk menerima pembelajaran. Untuk menciptakan suasana lingkungan yang nyaman agar siswa tertarik untuk belajar sebelum memulai pembelajaran guru dapat memberikan cerita lucu, gambar lucu, teka-teki lucu, menonton video, ice breaking dan memperdengarkan musik instrument karena diyakini dapat mengembalikan gelombang otak kembali ke zona alfa.
Pada saat pembelajaran sedang berlangsung, kemudian menjumpai siswa yang sedang marah, stres, mengobrol dengan teman-temannya, atau sedang fokus mengerjakan sesuatu yang lain, sebaiknya jangan meneruskan proses mengajar. Percuma saja sebab mereka masih dalam kondisi beta. Jika siswa melamun, lalu mengantuk, apalagi tertidur, hentikan proses mengajar sebab percuma karena siswa sedang dalam kondisi  teta atau bahkan delta. Kondisi beta adalah ketika siswa dalam kondisi marah, stres, dan bingung. Kondisi siswa dalam gelombang teta adalah ketika mereka tidur dan bermimpi.
Ketika masuk ke dalam inti pembelajaran guru dapat dapat membentuk kelompok strategi pembelajaran melibatkan lebih dari satu siswa yang dibagi dalam kelompok. Biasanya dengan strategi ini, siswa dapat berinteraksi dalam memecahkan masalah yang diberikan oleh guru. Guru juga dapat menggunakan strategi pembelajaran individual. Setiap siswa diminta untuk belajar sendiri dan menyelesaikan masalahnya sendiri tanpa kerja sama dengan yang lain. Pengaturan ruang kelas yang luwes mendorong siswa menjadi inspiratif, aktif dan kreatif dengan posisi duduk yang bervariatif siswa dilibatkan langsung dalam pengaturan kelas.  Sesekali mengajak siswa belajar di luar kelas memanfaatkan lingkungan sebagai media pembelajaran tentunya dengan catatan jangan merusak.
 Pada kegiatan penutup siswa melakukan refleksi dengan memberikan kesimpulan mengenai materi pembelajaran yang telah dipelajari. Guru dapat memberikan masukan dan kesimpulan kembali agar sebagai penguatan materi yang telah di pelajari oleh siswa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PUISI CORONA

CORONA Karya Asep Perdiansyah Corona datang menyerang Dunia menjadi tak tenang Tempat keramaian seketika menghilang Matahari b...