Jumat, 22 Februari 2013

CHARACTER EDUCATION Independent / Mandiri


CHARACTER EDUCATION PLAN

Week      : 21
Date       : 22th Februari 2013
Pillar      : Self Discipline
Virtue     : Independent / Mandiri
                                  
Materials needes:               Brief Explanation:
Kertas,Pensil, Spidol,
dan Bolpoin


 


Prosedure

1.      Guru meminta semua siswa menulis pada selembar kertas menggunakan pensil, spidol dan bolpin secara bergantian.
2.      Guru meminta mereka untuk mencoba menghapus apa pun yang sudah mereka tulis.
3.      Tulisan yang menggunakan pensil dapat mudah mereka hapus, tinta dari bolpoin akan sulit untuk dihapus namun mereka dapat menutupi tip-ex di atasnya sedangkan tinta spidol biasanya tidak dapat dihapus dan memberikan tanda yang sangat membekas terutama jika garisnya lebar bahkan sampai tembus ke bagian belakang lembar kertas.
4.      Guru membandingkan jenis-jenis tinta yang berbeda tersebut dengan jenis “tinta mental” yang digunakan untuk menulis pelajaran yang guru ajarkan pada ingatan mereka.
5.      Jika yang digunakan siswa adalah ‘pensil ingatan’ apapun yang ditulis dengan jelas dan setebal apapun, tulisan tersebut tetap dapat dihapus dengan cepat. Bolpoin, yang merupakan simbol perhatian yang lebih tahan lama akan tetapi, tulisan yang terbaik tetaplah yang dihasilkan oleh spidol, yang dapat membuat siswa memperoleh nilai yang baik dan dapat menanamkan apa yang telah dipelajari secara permananen di dalam memori mereka.
6.      Siswa diharapkan dapat menggunakan goresan tersebut terhadap hal positif akan tetapi jika digunakan untuk hal yang negatif dapat merugikan diri sendiri.
7.      Misalnya mereka menggunakan simbol spidol untuk hal yang negatif, seperti merokok, minum-minuman keras, narkoba, menonton video porno, banyak bermain semua itu akan menimbulkan pengaruh yang buruk dalam kepribadian siswa hal tersebut akan terekam secara permanen di dalam memori mereka.



CHARACTER EDUCATION PLAN

Week      : 21
Date       : 22th Februari 2013
Pillar      : Self Discipline
Virtue     : Independent / Mandiri
                                  
Materials needes:               Brief Explanation:
Kertas,Pensil, Spidol,
dan Bolpoin


 


Prosedure

1.      Guru meminta semua siswa menulis pada selembar kertas menggunakan pensil, spidol dan bolpin secara bergantian.
2.      Guru meminta mereka untuk mencoba menghapus apa pun yang sudah mereka tulis.
3.      Tulisan yang menggunakan pensil dapat mudah mereka hapus, tinta dari bolpoin akan sulit untuk dihapus namun mereka dapat menutupi tip-ex di atasnya sedangkan tinta spidol biasanya tidak dapat dihapus dan memberikan tanda yang sangat membekas terutama jika garisnya lebar bahkan sampai tembus ke bagian belakang lembar kertas.
4.      Guru membandingkan jenis-jenis tinta yang berbeda tersebut dengan jenis “tinta mental” yang digunakan untuk menulis pelajaran yang guru ajarkan pada ingatan mereka.
5.      Jika yang digunakan siswa adalah ‘pensil ingatan’ apapun yang ditulis dengan jelas dan setebal apapun, tulisan tersebut tetap dapat dihapus dengan cepat. Bolpoin, yang merupakan simbol perhatian yang lebih tahan lama akan tetapi, tulisan yang terbaik tetaplah yang dihasilkan oleh spidol, yang dapat membuat siswa memperoleh nilai yang baik dan dapat menanamkan apa yang telah dipelajari secara permananen di dalam memori mereka.
6.      Siswa diharapkan dapat menggunakan goresan tersebut terhadap hal positif akan tetapi jika digunakan untuk hal yang negatif dapat merugikan diri sendiri.
7.      Misalnya mereka menggunakan simbol spidol untuk hal yang negatif, seperti merokok, minum-minuman keras, narkoba, menonton video porno, banyak bermain semua itu akan menimbulkan pengaruh yang buruk dalam kepribadian siswa hal tersebut akan terekam secara permanen di dalam memori mereka.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PUISI CORONA

CORONA Karya Asep Perdiansyah Corona datang menyerang Dunia menjadi tak tenang Tempat keramaian seketika menghilang Matahari b...