Rabu, 05 Februari 2014

Sekolah Sugar Group

Sekolah Sugar Group
















Sekolah Sugar Group merupakan sekolah perusahaan PT. Sugar Group Companies. Siswa yang bersekolah di sekolah Sugar Group adalah anak dari karyawan PT GPM, ILD, ILP dan SIL. Sekolah ini didirikan sebagai apresiasi perusahaan kepada karyawan dan memajukan dunia pendidikan. Siswa yang bersekolah di sini gratis tidak dipungut biaya. Siswa mendapatkan seragam sekolah, makan, snack , buku, tas, sepatu dan perlengkapan sekolah. Siswa mulai masuk pukul 07.00 sebelum memulai pelajaran terdapat sesi Homeroom Teacher atau wali kelas menyampaikan informasi-informasi mengenai aktivitas sekolah.

Pelajaran dimulai pukul 07.30 sampai pukul 09.45 siswa istirahat pertama dintandai dengan bunyi lonceng 2 kali siswa membuat barisan untuk mengambil snack. Mereka masuk ke kelas kembali pada pukul 10.00 untuk melanjutkan aktivitas pembelajaran hingga pukul 12.15 TOD (Teacher on Duty) akan membunyikan lonceng 2 kali sebagai tanda istirahat siang. Siswa berbaris untuk makan siang mereka dibagi menjadi 3 slot, sebelum makan mereka menyanyikan lagu kebanggaan Mars Sugar Group kemudian berdoa siswa membuat barisan untuk mengambil makanan.  Sebagian siswa bertugas sebagai pemimpin menyanyikan lagu Mars Sugar Group dan berdoa. Sebagian siswa juga bewrtugas member I pelayanan kepada teman-temannya dalam setiap slot makan siswa ditemani oleh satu orang guru TOD Lunc Slot dan masing-masing house didampingi oleh satu orang guru supervisor. Setelah selesai makan siswa merapikan kembali meja dan kursi kemudian membereskan perlengkapan makannya. Siswa slot selanjutnya sambil menunggu giliran makan siang mereka bagi siswa muslim salat Dzuhur berjamaah bagi non muslim ada sesi keagamaan setelah makan siang mereka PST (Private Study Time) siswa belajar mandiri dengan didampingi guru TOD.

Siswa mulai kembali aktivitas pembelajaran pukul 14.00 sampai pukul 15.15 mereka kemudian PST belajar mandiri di damping guru hingga pukul 17.00 tedengar suara lonceng 3 kali sebagai tanda siswa akan kembali ke rumah masing-masing. Siswa membuat barisan berdasarkan tempat tinggal masing-masing. Siswa yang rumahnya jauh disiapkan transportasi oleh perusahaan. Untuk SMA Sugar Group mereka pulang sekolah pukul 19.00 WIB.







Semangat generasi muda penerus bangsa sangat bergelora di tengah perkebunan tebu masa depan bangsa ini ada di tangan kalian. Disamping kegiatan akedemik terdapat banyak kegiatan yang lain di antaranya adalah kegiatan ekstrakulikuler kegiatan ini dilaksanakan hari Senin dan Jumat mulai pukul 15.45-17.00 untuk SMP dan mulai pukul 16.30-18.00 untuk SMA. Terdapat 33 kegiatan ekstrakulikuler  yang ada di Sekolah Sugar Group. (1)Choir,(2)Drama/ Performing Art, (3) Mathematics Club, (4) Books Club, (5) Science Clubs, (6) Mandarin Club, (7) Islamic Studies, (8) School Band/ Music, (9) Marching Band, (10) Volley Ball, (11) Table Tennis, (12) Badminton, (13) Arts/ Handicrafts, (14) Computing, (15) Swimming, (16) Gardening, (17) Drawing, (18) Social Studies Club, (19) Traditional Dance, (20) Modern Dance, (21) Basket Ball, (22) Soccer, (23) Lown Tennis, (24) Journalism, (25) English Club, (26) Scouting, (27) Cooking Club, (28) Wall Climbing, (29) Chess, (30) Brige, (31) Traditional Games, (31) martial Arts, (33) Singing.
Untuk menanamkan karakter siswa setiap hari Jumat terdapat sesi “Pendidikan Karakter atau Character Education” terdapat 8 pillar of school character. (1) A sense of belonging and responsibility to community, (2) Model citizenship, (3) Self-dicipline, (4) Aprpreciation and respect for others, (5) To be solution-oriented, (6) To communicate well, (7) Environmental and cultural awareness and sensitivity, (8) Self-leadership implementation. Dengan adanya pendidikan karakter diharapkan siswa mempunyai sikap yang baik dan lebih peka terhadap lingkungan sekitar. Untuk menanamkan rasa cinta lingkungan sekitar. Untuk menanamkan rasa cinta lingkungan terdapat kegiatan OPERA (Operasi Rakyat) kegiatan ini siswa bekerjasama membersihkan lingkungan sekitar sekolah. Untuk menanamkan kreativitas siswa terdapat kegiatan Thematic Friday yang mana siswa memakai kontum sesuai tema. Dalam menumbuhkan kreativitas siswa terdapat berbagai macam tema di antaranya Indonesia Legend, Kingdom, Science Fiction Character dan masih banyak lagi. Untuk menanamkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa terdapat kegiatan Recollection/Mabit. Masih banyak lagi kegiatan untuk mengembangkan aspek kognitif, psikomotor, afektif kegiatan tersebut di antaranya Literacy Day, School Assembly, Healt and Green Day, Social Work, Live in, S9 and S12 School Camp, Mini Olympic, School Production, Art Festival and Scince Fair, Long March, P5, S8 and S10 Camp, Sex Education. 

Semangat generasi penerus bangsa masa depan Indonesia ada ditangan kalian oleh karena itu dengan pendidikan diharapkan dapat memberi perubahan negara Indonesia menjadi lebih baik. Terima kasih untuk seluruh guru atas pengorbanan, kesabaran, keikhlasan dan dedekasimu untuk mencerdaskan generasi penerus bangsa semoga amal kebaikan kalian diberi balasan oleh Tuhan Yang Maha Esa.



12 komentar:

  1. ada lowongan guru di sana gak?

    BalasHapus
  2. Ada low guru coba cek di situs www.sekolahsugargroup.org/‎

    BalasHapus
    Balasan
    1. pak, situs www.sekolahsugargroup.org kok gak bisa dibuka ya?

      Hapus
  3. Gimana dgn pastry bakerynya...masih ada tdk pak

    BalasHapus
  4. Hakimjaya Abd Madjid Masih ada di Sekolah Sugar Group

    BalasHapus
  5. Bileh minta alamat email sekolahnya pak?

    BalasHapus
  6. Pak. Boleh tolong fotoin sistem msl Dan gsl yang ada di sekolah sugar group

    BalasHapus
  7. sistem GSL dan MSL ada berdasarkan Level GSL Level 1,2,3 dan MSL Level 1,2,3. untuk penjelasan mendetailnya sangat banyak sekali.

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. bisa gx ya, misal gx ada info lowongan tapi kita daftar ?

    BalasHapus
  10. kamrin ada info lowongan guru fisika, tapi saya liatnya telat...bisa gx ya saya ngirim berkas lamaran ke sma, walaupun waktunya udah lewat.. ?

    BalasHapus

PUISI CORONA

CORONA Karya Asep Perdiansyah Corona datang menyerang Dunia menjadi tak tenang Tempat keramaian seketika menghilang Matahari b...