Nama : Asep
Perdiansyah, S.Pd
Nama Sekolah : SMP GPM Lampung
Tengah
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Jenjang :
SMP / MTs
REFLEKSI
PELAJARAN BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013
Sebuah catatan dalam pembelajaran bahasa Indonesia kurikulum 2013. Sebuah
kurikulum disusun sebagai panduan
untuk memberikan arah dan petunjuk dalam proses pembelajaran, diharapkan dengan
adanya perubahan kurikulum akan memberikan perubahan yang berarti. Bidang studi
bahasa Indonesia dalam kurikulum 2013 mendapatkan proporsi yang lebih dalam
proses pembelajaran. Dengan proporsi yang besar ini dalam pembelajaran
diharapkan kemampuan siswa terutama dalam bidang bahasa akan mengalami
peningkatan yang cukup signifikan. Kurikulum
2013 menempatkan Bahasa Indonesia sebagai penghela mata pelajaran lain dan
karenanya harus berada di depan semua mata pelajaran lain. Apabila peserta didik tidak menguasai mata
pelajaran tertentu harus dipastikan bahwa yang tidak dikuasainya adalah
substansi mata pelajaran tersebut, bukan karena kelemahan penguasaan bahasa
pengantar yang dipergunakan
Pembelajaran bahasa Indonesia meliputi aspek keterampilan menulis,
berbicara, mendengar, membaca dan apresiasi satra. Materi bahasa Indonesia dalam
kurikulum 2013 lebih banyak menggunakan teks
dan melibatkan konteks ketika siswa membacanya artinya siswa memahami
teks benar benar masuk kedalam dunia
realitas yang dialami siswa dan menggkaitkan dengan kehidupan sehari hari.
Selain itu siswa di harapkan juga untuk mengerti dan memahami struktur teks
sehingga ada proses berfikir dan sistematika berfikir yang sesuai .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar